Klinik VCT RSTN Boalemo sediakan obat HIV/AIDS

Kamis, 11 Mei 2017 - 13:16:35 WITa
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum dan Lain-lain - Dibaca: 729 kali

Rumah Sakit Tani dan Nelayan RSTN Boalemo sediakan Pelayanan Klinik VCT dan pengambilan obat ARV (Anti RetroViral) untuk penderita HIV/AIDS yang berada di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato.

Klinik VCT di RSTN sebenarnya telah dibuka sejak tahun 2016 awalnya untuk konseling pasien HIV/AIDS atau yang diduga menderita penyakit ini. Pelayanan konseling dilakukan oleh tim yang tergabung dalam POKJA HIV/AIDS yg dipimpin oleh dr spesialis penyakit dalam (dr. Wahyudin Dangkua Sp. PD) yang anggotanya terdiri dari dokter umum, perawat, petugas laboratorium yang terlatih. Sejak akhir April 2017 RSTN diberi kepercayaan oleh dinas kesehatan Provinsi Gorontalo untuk mengelola obat HIV/AIDS sehingga klinik ini sudah dapat memberikan pelayanan serta penggambilan obat HIV/AIDS .

Masyarakat yang ingin melakukan konseling atau berobat bisa datang langsung pada hari dan jam kerja sebagai berikut ; Senin, 09.00 14.00 wita, Selasa, 09.00 14.00 wita, Rabu, 09.00 14.00 wita, Kamis, 09.00 14.00 wita.

Menurut data, Jumlah pasien yang menderita HIV/AIDS sekitar tiga puluh enam penderita yang tercatat di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato, dan RSTN Boalemo menjadi salah satu pusat rujukan untuk penderita yang ada di dua kabupaten tersebut.

Di Provinsi Gorontalo sudah tiga rumah sakit yang menyediakan pelayanan Klinik VCT dan pengambilan obat ARV ini, yakni Rumah Sakit Prof. dr. Aloe Saboe, Rumah Sakit Dunda Limboto, dan RSTN Boalemo. Diharapkan Pelayanan Klinik ini bisa di manfaatkan oleh masyarakat, terutama penderita. Agar masalah mengenai penderita HIV/AIDS yang ada di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato bisa teratasi dan berkurang.

0 Komentar

Komentar Anda