Pelatihan Komite Keperawatan Wujudkan Akreditasi RSTN Boalemo

Minggu, 21 Mei 2017 - 13:16:35 WITa
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum dan Lain-lain - Dibaca: 751 kali

Dalam rangka meningkatkan mutu Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat, Rumah Sakit di tuntut untuk mengedepankan kualitas pelayanan. Sebab, dengan diberlakukan Akreditasi Rumah Sakit dengan penerapan standar Internasional, maka tenaga perawat di haruskan untuk senantiasa meningkatkan profesionalisme dan menjaga mutu pelayanan keperawatan yang berorerientasi kepada keselamatan pasien.

Untuk itu, Rumah Sakit Tani dan Nelayan (RSTN) Boalemo mengirim perwakilan Komite Keparawatan yang terdiri dari Perawat dan Bidan yang berada di lingkungan RSTN Boalemo, agar mengikuti Pelatihan Komite Keperawatan yang diadakan oleh HPMI (Himpunan Perawat Manajer Indonesia) DKI Jakarta, pada tanggal 18-20 April 2017 lalu di Hotel Park 5 Cilandak TB Simatupang Jakarta Selatan.

Tujuan RSTN Boalemo mengirim perwakilan Komite Keperawatan dilingkungan Rumah Sakit ini adalah, untuk meningkatkan pengetahuan dan kompotensi perawat manager, terkait konsep profesi dan profesionalisme keperawatan, regulasi terkait profesionalisme dan kewenangan klinik komite keperawatan, serta kebijakan Akreditasi Rumah Sakit terkait standard staf Rumah Sakit.

Komite Keperawatan itu sendiri merupakan organisasi non struktural yang di bentuk di Rumah Sakit dengan keanggotaannya terdiri dari tenaga keperawatan. Komite Keperawatan ini di bentuk dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme, pembinaan etik dan disiplin tenaga perawat, serta menjamin mutu pelayanan kesehatan, dan melindungi keselamatan pasien di Rumah Sakit agar lebih terjamin.

disamping itu, perwakilan Komite Keperawatan RSTN Boalemo Hj. Fatma Habi, S.ST selaku Kepala Ruangan Perawatan Bedah, bersama Ibu. Witan Pakaya S.Tr.Keb, selaku Kapala Ruangan Ponek sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan komite keperawatan seperti ini, sebab tenaga perawat itu ibaratnya sebagai pelayan yang berada di Rumah Sakit. Maka dengan pelatihan seperti ini, tenaga perawat yang berada di Rumah Sakit sudah mempunyai standar, yaitu standar pelayanan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada masyarakat.

Dalam pelaksanaan Akreditasi, Rumah Sakit Tani dan Nelayan RSTN Boalemo tentunya harus menjadikan perawat-perawat di RSTN memiliki SDM dan terarah dalam melakukan tindakan keperawatan sesuai dengan kewenagan klinis masing-masing. Maka Pelatihan Komite Keperawatan sangatlah penting untuk meningkatkan kamampuan dan kompetensi perawat manajer terkait dengan program kerja komite keperawatan yang berfokus ke tujuan, tugas, kewenagan, dan program kerja sub komite kredensial, sub komite mutu profesi, sub komite etik dan disiplin profesi keperawatan.

(RD/KA)

0 Komentar

Komentar Anda