Implementasi Program Bupati Boalemo, pemberian makanan untuk keluarga pasien di RSTN Boalemo

Sabtu, 21 Juli 2018 - 23:04:08 WITa
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum dan Lain-lain - Dibaca: 283 kali

Dalam rangka merealisasikan program pemerintahan Boalemo,  yang Salah satu dari 14 program Bupati Boalemo  Hi Darwin Moridu adalah memberikan makanan bagi pendamping pasien yang dirawat baik itu di Puskesmas Rawat Inap maupun di RS.  RSTN Boalemo telah merealisasikan program tersebut  sejak maret tahun 2018.   Pendamping pasien kelas 3 mendapatkan makanan  sebanyak 3 kali sehari selama pasien dirawat  di RSTN.  Hal ini juga berlaku jika pasien di rawat di ruang intensif care seperti ICU / NICU  / PICU.  

80% pasien kelas 3  di RSTN Boalemo adalah peserta JKN sisanya adalah pasien umum.  Program ini membantu masyarakat miskin yang ketika  sakit permasalahan yang mereka hadapi bukan saja masalah biaya  rawat inap RS tapi juga masalah biaya keluarga yang mendampingi pasien seperti masalah transportasi dan makanan.  Sebagian besar alasan pasien pulang APS adalah biaya keluarga pendamping pasien.

Program ini diharapkan mampu menurunkan beban keluarga pasien terutama masalah pembelian makanan pendamping  pasien dan secara tidak langsung menurunkan juga biasa transportasi untuk membeli atau menjemput makanan di luar rumah sakit.

Manfaatnya dirasakan baik oleh masyarakat maupun RSTN sendiri.  Dampak positif dari program ini adalah mampu menurunkan jumlah  pasien pulang  APS atau pasien pulang Atas Permintaan Sendiri (pulang paksa) di RSTN Boalemo.  Tahun 2016 jumlah pasien pulang APS sebanyak 228 pasien,  sedikit menurun di tahun 2017 sebanyak 226 pasien.  Untuk tahun 2018 sampai dengan  bulan Mei tahun 2018 sebanyak 98 pasien pulang APS.

0 Komentar

Komentar Anda