RSTN Boalemo Laksanakan Pelatihan BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support)

Rabu, 03 Agustus 2022 - 18:51:01 WITa
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum dan Lain-lain - Dibaca: 104 kali

Rumah Sakit Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo kembali menggelar Pelatihan BTCLS Basic Trauma Cardiac Life Support di Aula RSTN selama tiga hari yakni dari tanggal 03-06 Agustus 2022 dan diikuti oleh Seluruh Tenaga Perawat yang berada Rumah Sakit Tani dan Nelayan.
Kegiatan Pelatihan ini merupakan kerja sama HIPGABI Gorontalo dengan Diklat RSTN Kabupaten Boalemo, ini merupakan Pelatihan BTCLS yang ke-3 selama Tahun 2022 yang telah di Laksanakan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo, dengan menghadirkan langsung Pemateri dari Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia Provinsi Gorontalo.

Direktur RSTN dr. Rahmawaty Dai, M. Kes, menyampaikan bahwa Pelatihan tersebut dilaksanakan agar para Tenaga Perawat yang ada di Rumah Sakit mampu meningkatkan Kompetensinya terutama dalam melakukan Pertolongan terhadap para Pasien, Masyarakat dan Juga Keluarga.
"Saya Berharap dengan Adanya Pelatihan ini mampu meningkatkan Kompetensi para perawat yang nanti hasilnya dalam pertolongan Emergency mereka lebih Terampil, lebih Cepat dan Juga Lebih Tanggap, sehingga mampu memberikan Pelayanan yang Prima kepada para Pasien, Masyarakat, maupun Keluarga, pelatihan BTCLS ini juga dikhususkan kepada para Perawat, kedepannya nanti akan dilaksanakan Pelatihan untuk seluruh karyawan dan Karyawati RSTN yaitu Bantuan Hidup Dasar (BHD)"  Tegas Direktur RSTN Boalemo.

Sementara itu Ketua HIPGABI Gorontalo, H. Ns. Arifin R. Umar, M. Kep yang juga sebagai salah satu pemateri pada kegiatan pelatihan BTCLS mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan pelatihan BTCLS sebagai upaya persamaan presepsi didalam penanganan kegawat daruratan dan ini juga merupakan salah satu syarat untuk petugas Kesehatan yang  bertugas di Fasilitas Kesehatan, sebagai Syarat Akreditasi dan juga sebagai salah satu syarat Sertifikasi untuk para ASN yang ingin naik pangkat, penanganan Kegawat Daruratan jika kita mahir InshaAllah bisa mengurangi angka Kematian  maupun kecacatan.

"Pelatihan BTCLS ini dikhususkan kepada Perawat dan Bidan, untuk Bantuan Hidup Dasar BHD bisa dilaksanakan untuk Masyarakat Umum ataupun yang terlatih karena kita tidak bisa pungkiri bahwa situasi Gawat Darurat itu bisa terjadi pada siapa saja, dimana saja, dan Kapan Saja, sebab harapan hidup Korban itu tergantung kepada orang yang menemukannya pertama kali. Makanya BHD wajib untuk seluruh masyarakat" Ungkap Ketua HIPGABI GORONTALO

Selaku Pemateri Dirinya berharap Untuk Penanganan Gawat Darurat ini akan sama ataupun setara di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Provinsi Gorontalo, sehingga penanganan Gawat Darurat di RSTN Boalemo itu akan menjadi setara dengan Rumah Sakit Dunda Ataupun Rumah Sakit Aloe Sabu. Dan dalam Pelaksanaan Pelatihan BTCLS ini bukan hanya penerimaan Materi saja akan tetapi dilaksanakan juga Ujian kepada para peserta setiap kali selesai pemberian materi guna menguji hasil dari materi yg telah di terima". Tutupnya.
Kepala Diklat RSTN juga berharap kedepannya Pelatihan Seperti ini akan terus dilaksanakan, bukan hanya untuk perawat saja akan tetapi Untuk semua Profesi Tenaga Kesehatan yang berada di Lingkungan Rumah Sakit Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo.

0 Komentar

Komentar Anda